Rabu, 23 Agustus 2023

 Bab I

Pancasila

  • Pancasila merupakan dasar negara Indonesia sekaligus dijadikan pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila tidak hadir begitu saja, namun merupakan hasil dari suatu proses yang panjang. Pancasila yang merupakan filsafat hidup bangsa Indonesia, mengandung nilai-nilai dasar yang dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, setiap aspek dalam kehidupan bangsa Indonesia berpedoman pada Pancasila. Pancasila tidak begitu saja dijadikan sebagai dasar negara. Pancasila merupakan hasil dari proses perumusan yang panjang oleh para pendiri negara Indonesia.


           Nilai-nilai Pancasila telah ada jauh sebelum Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Contoh                 yang bisa kita lihat yakni adanya dua kerajaan besar nusantara, Sriwijaya dan Majapahit. Sriwijaya dan             Majapahit merupakan dua negara yang berdaulat. wilayah yang mereka kuasai, meliputi hampir seluruh             wilayah Nusantara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UNDANG - UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945

 PEMBUKAAN Bahwa sesungguhnhya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, k...